Daun Pepaya, Pahit Tapi Bermanfaat bagi Kesehatan

ilustrasi tumbuhan pepaya dekat lereng gunungSebetulnya manfaat daun pepaya untuk kesehatan sudah sangat familiar, karena memang sudah sering dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan suatu penyakit.

Daun pepaya ini memiliki bentuk yang menyerupai jari dan memiliki tangkai panjang berongga. walaupun mempunyai rasa yang pahit, sering diolah menjadi berbagai macam makanan dengan cara ditumis, digulai atau  bahkan di lodeh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun pepaya adalah protein, karbohidrat, lemak, zat besi, serat, kalium, natrium, seng, vitamin B1 B2 B3, beta karoten, vitamin C dan masih banyak nutrisi lainnya.

Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat menimbulkan berbagai gangguan, bahkan dapat merusak fungsi dari berbagai macam organ tubuh, misalnya kadar gula darah yang tinggi dapat merusak ginjal, keadaan tersebut disebut dikatakan sebagai nefropati diabetik, juga bisa merusak saraf-saraf tubuh, nah keadaan tersebut dikatakan juga dengan neuropati diabetik atau kerusakan saraf.

Sehingga untuk mengontrol kadar gula darah harus menjadi perhatian yang serius dan penting. kandungan nutrisi dalam daun pepaya dipercaya mampu melindungi sel-sel Beta di pankreas dari kerusakan.

Sehingga kerja sel-sel tersebut dalam menghasilkan hormon insulin dan akan meningkat akan semakin baik, hasilnya kadar gula darah dapat terkontrol.

Cara olah daun pepaya untuk gula darah tinggi :

  • Siapkan 8-10 lembar daun pepaya dan bersihkan
  • Lalu tambahkan sedikit air dan tumbuk daun pepaya sampai halus atau bisa juga dengan menggunakan blender, lalu disaring, supaya menambah perasa, bisa tambahkan madu secukupnya
  • Siap diminum, cukup 2 sendok makan setiap kali minum, sehari 2 kali.

Baca jugaManfaat Buah Apel bagi Kesehatan

2. Demam Berdarah

Sudah sangat populer membantu proses penyembuhan demam berdarah, adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.

Pada keadaan ini dapat terjadi penurunan kadar trombosit atau yang disebut dengan trombositopeni, sehingga bisa  mengakibatkan terjadinya perdarahan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun pepaya dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit pada penyakit demam berdarah dengue.

Cara mengolah daun pepaya untuk demam berdarah :

  • Siapkan kembali 10 lembar daun pepaya
  • Lalu tambahkan sedikit air dan tumbuk sampai benar-benar halus
  • Saring dan siap diminum, sukup 2 sendok setiap kali minum, sehari 2 kali.

3. Berperan sebagai Antiinflamasi

Peradangan adalah respon perlindungan normal tubuh terhadap cedera, terjadi saat sel darah putih melawan untuk melindungi tubuh kita dari infeksi, misalnya infeksi dari bakteri atau virus.

Apabila seseorang mengalami peradangan, Maka akan muncul gejala-gejala peradangan seperti nyeri demam dan sampai bengkak di bagian tubuh tertentu.

Nah, daun pepaya dengan kandungan beberapa zat antioksidannya mampu berperan sebagai antiinflamasi atau antiperadangan, sehingga dapat mengurangi gejala-gejala yang muncul akibat peradangan.

Cara meracik daun pepaya untuk masalah peradangan :

  • Siapkan 8-10 daun pepaya yang agak segar
  • Dicuci bersih dan tumbuk hingga halus
  • Cukup 2 sendok makan dalam sehari

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Lalu manfaat daun pepaya berikutnya untuk menjaga kesehatan pencernaan, gejala yang sering muncul pada gangguan pencernaan adalah kembung, muntah dan rasa tidak nyaman.

Kandungan zat aktif dalam daun pepaya seperti papain, dipercaya mempunyai peranan dalam mengatasi gejala-gejala yang muncul akibat gangguan pencernaan.

Cara mengolah daun pepaya untuk masalah pencernaan:

  • Siapkan 5-7 daun pepaya
  • Dicuci bersih dan tumbuk hingga halus
  • Cukup 2 sendok makan dalam sehari

5. Menumbuhkan Rambut

Membantu proses pertumbuhan rambut, kerontokan rambut bisa terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya nutrisi.

Kandungan zat antioksidan dalam daun pepaya seperti flavonoid dan vitamin E mempunyai peranan dalam merangsang pertumbuhan rambut, sehingga kerontokan rambut dapat teratasi.

Cara membuat ramuan daun pepaya untuk menumbuhkan rambut :

  • Siapkan  kembali 8-10 lembar daun pepaya dan dicuci bersih
  • Tambahkan sedikit air dan tumbuk halus
  • Disaring dan minum setengah gelas sekali sehari

Baca jugaKegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan

Hasil yang maksimal atau optimal, harus disertai dengan perilaku hidup sehat. sehingga apapun yang kita konsumsi itu dapat lebih maksimal untuk kesehatan tubuh.

Demikian itulah manfaat daun pepaya yang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan. Berharap dapat lagi-lagi memberikan manfaat buat Anda.

Tinggalkan Komentar Disini…